lemna

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 28 September 2017 at 02:04

Click read more to see english version

Network Event #2 Jaringan AgriProFocus Indonesia

Network Event #2 AgriProFocus kali ini digabung dengan Learning Event, bekerjasama dengan Workout.ID. Acara ini merupakan kegiatan rutin AgriProFocus dengan tujuan menyediakan ruang bagi berbagai pihak yang bekerja di pertanian untuk berinteraksi dan berjejaring secara informal. Selasa, 12 September lalu tak kurang dari 35 anggota jaringan dan partner hadir memanfaatkan kesempatan berjejaring ini untuk untuk mendapatkan kenalan baru, promosi produk atau kegiatan, dan berbagi informasi seputar pertanian. Kami merangkum pitching yang dilakukan beberapa anggota selama acara berlangsung agar anggota yang tak sempat hadir tak ketinggalan informasi. Pitching tersebut dilakukan oleh:

Putra Aditya (YSEALI - Kedutaan Besar Amerika Serikat)

YSEALI adalah platform untuk anak muda seluruh asia tenggara berusia 18-35 tahun, yang memiliki inisiatif kegiatan di masyarakat dengan tema besar pendidikan, pembangunan berkelanjutan, partisi

... Read more

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 19 September 2016 at 07:47

Lemna, si Kecil yang Punya Manfaat Besar

Masyarakat sering menganggap Lemna sebagai gulma, tanaman air penggangu yang tak punya manfaat. Lemna berukuran sangat kecil, helai daunnya hanya sebesar 6-8 mm, namun punya kemampuan tumbuh dan memperbanyak diri sangat cepat. Lemna memiliki nama lokal di berbagai daerah seperti kiambang, ganggeng, kakarewoan, mata lele, mata iwak, atau kembang aik.

Di balik ukuranya yang super mini, Lemna memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada kedelai dan mencapai 40% dari berat keringnya. Karena kandungan gizinya ini, Lemna sangat cocok menjadi pakan ternak baik dalam bentuk segar maupun olahan.

Menambah Lemna dalam pakan ternak terbukti meningkatkan kualitas produk ternak tersebut. “Berdasarkan penelitian, bebek yang diberi pakan Lemna menghasilkan daging dan telur dengan kandungan kolesterol lebih rendah dibanding bebek dengan pakan konsentrat,” ujar Uhud Abdullah, Dosen Universitas Mataram, pada Seminar Nasional Gading/Profarm project. Penelitian

... Read more

Ence Suhana Azolla Micropyla ya itu...di jawabart yg sdh membudidayakan di daerah padalarang d sbg baru saya sendiri tp pernah gagal pada mati..

1 year 3 weeks ago

Sativana Nilawati Halo Pak Ence Suhana, yang di gambar adalah golongan Lemna bukan Azolla. Lemna ini tanamannya kecil biasanya terdiri dari 3 bagian yang menyerupai daun dan satu akar. Biasanya dari ujung bagian yang menyerupai daun akan muncul calon tunas calon Lemna baru. Di Jawa Barat biasanya disebut dengan kiambang dan tumbuh di kolam kolam atau di sawah. Azolla tumbuh melebar dan gampang patah karena patahan ini akan membentuk tanaman baru. Azolla memiliki lebih dari satu akar sehingga tumbuhnya lebih cepat karena daya pengambilan nutrisinya lebih kuat. Mudah mudahan informasinya membantu.

1 year 3 weeks ago

Maula Paramitha Wulandaru Makasi Mbak Sativana atas informasinya. @Kang Ence mudah-mudahan sudah lebih jelas ya, Mbak Sativana ini dari Yayasan Rumah Energi yang fokus mendorong pemanfaatan Lemna. Untuk budidaya Lemna ini cukup mudah dan perkembangannya sangat cepat, patut dicoba untuk pakan ternak.

1 year 3 weeks ago