Youth in Agribusiness

moderated by Maula Paramitha Wulandaru

Halaman ini terbuka bagi Anda yang ingin mendiskusikan tema pemuda dan pertanian. Silakan posting ide dan pemikiran Anda di kotak bawah ini dengan tagar: youth-indonesia.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

This page is open for you to discuss about youth in farming or agriculture sector. Please write your ideas and opinions on the box below with tag: youth-indonesia.


Posted By in Youth in Agribusiness
Posted 26 November 2018 at 10:44

Training of Young Farmers Supports Efforts to Encourage Farmer Regeneration

Jakarta, 26 November 2018 - The Young Farmers Ambassador Program has promoted the agricultural sector by inspiring young people to become farmers and contribute to the development of their respective regions through collaboration with farmer groups, youth organizations and the business sector. Young farmers have become a reference for agricultural technical assistance, encouraging findings in food agriculture and expanding other networks of young people to start businesses by becoming peer mentors.

An important part in the Young Farmers Ambassador program is the intensive six-day training to increase knowledge capacity about business, adding insight into the trends and challenges of the food & agriculture sector, introducing gender aspects, environmental and social impacts of agricultural value chains, and developing leadership characteristics for young farmers. The training is designed with an adult-education appro

... Read more

Posted By in Youth in Agribusiness
Posted 26 November 2018 at 10:02

Pelatihan Petani Muda Mendukung Upaya Mendorong Regenerasi Tani

Jakarta, 26 November 2018 – Program Duta Petani Muda telah mempromosikan sektor pertanian dengan menginspirasi anak muda untuk menjadi petani dan berkontribusi pada perkembangan daerah masing-masing melalui kerjasama dengan kelompok tani, organisasi pemuda dan sektor bisnis. Para petani muda telah menjadi rujukan untuk bantuan teknis pertanian, mendorong temuan dalam usaha pertanian pangan dan memperluas jaringan anak muda lain untuk memulai usaha dengan menjadi mentor sebaya.

Hal penting dalam program Duta Petani Muda ini adalah pelatihan intensif selama enam hari untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan tentang bisnis, penambahan wawasan tentang tren dan tantangan sektor pertanian pangan, pengenalan aspek gender, dampak lingkungan dan sosial dari rantai nilai pertanian, serta pengembangan karakter kepemimpinan bagi petani muda. Pelatihan dirancang dengan pendekatan pendidikan orang dewasa yang memadukan teori di kelas dan

... Read more

Posted By in Youth in Farming Indonesia
Posted 13 November 2018 at 05:25

Selamat datang di jejaring Duta Petani Muda! 

Siapa saja mereka yang berhasil lolos ke babak 10 besar? Cek nama-nama mereka di tautan ini!

Posted By in Youth in Farming Indonesia
Posted 25 October 2018 at 06:19

Penutupan Tahap Video Voting Duta Petani Muda 2018

Hai teman-teman, terima kasih banyak atas dukungan dan partisipasi kalian dalam tahap video voting 30 Finalis Duta Petani Muda 2018.

Siapa satu pemenang yang berhasil masuk ke babak 10 besar? Nantikan pengumumannya bersamaan dengan sembilan finalis lainnya, ya!

Segera!

Posted By in Youth in Farming Indonesia
Posted 15 October 2018 at 09:48

Vote Petani Muda 2018 Favoritmu!

Hai, kita telah sampai ke tahap paling seru dari rangkaian pemilihan Duta Petani Muda 2018, yaitu video vote!

Ada 30 petani muda dari seluruh Indonesia yang telah mengirimkan videonya dan siap kita pilih. Para petani muda ini memiliki jenis usaha pertanian yang berbeda-beda. Dari video mereka, kalian akan tahu apa yang membuat mereka berani menjadi petani dan apa ide-ide mereka untuk mengembangkan pertanian Indonesia.

Yuk, berikan votemu ke salah satu dari mereka. Caranya: kalian perlu log in ke YouTube dengan menggunakan akun yang kalian miliki, lalu buka playlist Duta Petani Muda 2018. Lalu, klik tombol 'like' pada video favoritmu!

Satu petani muda dengan vote terbanyak akan mendapat tiket emas menjadi salah satu dari 10 Duta Petani Muda 2018 dan mengikuti Pelatihan Bisnis Inovatif & Peningkatan Kapasitas Diri.

Satu peserta pelatihan terbaik berhak mendapat kesempatan kunjungan belajar sektor pertanian di Australia. Kunjungan belajar ini dipersemba

... Read more

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 10 October 2018 at 03:41

#step3


Saatnya memindahkan bibit bunga matahari ke media tanam (tanah). Manfaat menyemai benih bisa dibaca dipostingan sebelumnya. Salah satu manfaatnya yakni benih yang disemai di pelepah pisang tidak perlu diberi pupuk atau nutrisi tanaman karena nutrisi tanaman sudah ada di pelepah pisang. Jadi selain tanpa tanah juga bisa nghemat.

Cara menggunakan pelepah pisang :

1. Pilih pelepah pisang yang tebal kemudian potong ukurannya kira-kira sepanjang 30cm, agar mudah dipegang saat dipindahkan.

2. Kupas kulit dibagian tengahnya, seperti digambar.

3. Semai benih diatas pelepah pisang yang sudah dikupas. Benihnya disebar saja, nanti benih akan menyesuaikan diri untuk tumbuh.

4. Pelepah pisang jangan dijemur agar tidak kering dan kandungan kadar air didalam pelepah pisang tidak hilang.

5. Ketika sudah tumbuh bisa langsung dipindahkan ke media tanah.


_______Selamat mencoba______


Tips dan photo dari mas prayogo :)

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 6 October 2018 at 09:12

Hasil penyemaian benih menggunakan pelepah pisang, tips ampuh dari bg prayogy bisa jadi andalan dan mudah diaplikasikan, ngak harus menggunakan tanah lagi sebagai media tanam. penasaran? yuk mari dicoba

Bima Sahputra Baru tau ni pelepas pisang bisa juga utk semai benih, thanks kak infonya 

2 months 1 week ago

Zuhra Markbit sama2 bima, monggo dipraktekin

2 months 1 week ago

AgriProFocus Indonesia Wah, menarik banget! Langkah-langkah persiapannya sebelum benih disemai seperti apa, kak Zuhra Markbit?

2 months 1 week ago

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 3 October 2018 at 09:25

Semai benih di pelepah / gedebok pisang, banyak manfaat menyemai menggunakan pelepah pisang untuk tanaman, salah satunya pelepah pisang mengandung kadar air yang cukup banyak jadi ngak perlu disiram dan pelepas pisang juga bersifat dingin, jadi bisa mempercepat pertumbuhan tanaman. Berikut ini pesemaian benih jagung manis, benih bunga matahari, benih mentimun dan benih tembakau.

Ada yang sudah pernah coba?

Posted By in Youth in Farming Indonesia
Posted 2 October 2018 at 02:55

Halo!

Setelah menyeleksi seluruh berkas yang masuk, kami telah menentukan hasil 30 nama yang lolos ke tahap berikutnya, yaitu video voting. Untuk tahu daftar peserta yang masuk ke 30 besar, silakan klik di sini, ya. Selamat untuk para peserta 30 besar!

Posted By in Youth in Farming Indonesia
Posted 27 August 2018 at 08:37

Apa kamu sudah mendaftar di program Duta Petani Muda 2018? Pastikan kamu telah melihat tampilan gambar di bawah ini di layar gadget-mu ketika mendaftar melalui website, ya! Setelah mendaftar online, jangan lupa konfirmasi ke Widya (+62 853-6447-3739) lewat sms/WhatsApp. Jika kamu mendaftar dengan mengirim berkas via pos, konfirmasi ke Gea (+62 812-1250-3496).

Jangan lewatkan kesempatan untuk berjejaring dengan kawan-kawan muda di dunia agribisnis! Segera daftar sebelum 17  September 2018!

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 30 July 2018 at 11:39

Ayo Daftar Duta Petani Muda 2018!

Halo Para Petani Muda yang telah bergabung di online platform AgriProFocus. Yuk, daftar ajang pemilihan Duta Petani Muda 2018 di www.dutapetanimuda.id/pendaftaran. Info lebih lanjut bisa cek poster di bawah.

Satu Duta Petani Muda 2018 terbaik akan memenangkan perjalanan ke Australia untuk berpartisipasi dalam kunjungan belajar tentang sektor pertanian di Australia. Kunjungan belajar ini dibiayai dan dipersembahkan oleh Academies Australasia Institute.

---

Young Agripreneurz Ambassador 2018 Open for Registration!

Hello young agripreneurs who have joined AgriProFocus online platform. Please register yourself to be selected as Young Agripreneurz Ambassador this year. For complete information, please see the poster below.

The best Young Agripreneurz Ambassador 2018 will win a trip to Australia to participate in a study visit to learn about the agriculture sector in Australia. The study visit is funded and presented by Academies Australasia Institute

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 28 May 2018 at 03:24

Petani pekerjaanku. Petani skilku. Petani jiwaku. Petani hatiku. 

Posted By in SMK Pertanian
Posted 28 May 2018 at 02:24

Belajar dari Model Pendidikan Vokasi Belanda

Click read more to read english version

Peningkatan kapasitas guru sangatlah penting dalam revitalisasi SMK, khususnya jurusan pertanian. Awal tahun ini, selama hampir tiga minggu, 18 guru dari tujuh SMK yang memiliki jurusan pertanian beserta dua perwakilan sektor swasta yaitu Waluya Wijaya Farm dan KPSBU Lembang mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas di Belanda. Pelatihan diawali dengan pengenalan sistem pendidikan vokasi kedua negara, diskusi mengenai pengembangan kurikulum dan metode pengajaran, serta praktik-praktik keterlibatan sektor swasta dalam pendidikan.

Sedikit berbeda dengan Indonesia, sistem pendidikan di Belanda memiliki 3 jalur pendidikan yang bisa dipilih setelah anak selesai menempuh pendidikan sekolah dasar, sesuai dengan bakatnya. Pemilihan disarankan kepada orang tua dan anak berdasarkan hasil tes (Cito), apakah si anak cocok untuk menempuh jalur persiapan masuk universitas (VWO), jalur sekolah menengah umum (HAVO), atau

... Read more

Wim Goris Interesting account of this  teacher-to-teacher study visit .  You mentioned  a visit to Kipster, the new generation poultry farm .  Recently they were awarded the Rabo Innovation award for their concept with high welfare standards and circular principles (feeding waste from nearby food industry).  Read more here: https://www.rabobank.com/en/raboworld/articles/kipster-how-have-they-cracked-it.html

6 months 3 weeks ago

Hereka Luthfi Nice, Could I get the training materials please? Thanks before

4 months 3 weeks ago

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 18 May 2018 at 02:19

Terimakasih admin buat kesempatan bergabung dengan Agri Pro Focus untuk memperdalam dan membuka wawasan sektor pertanian di seluruh penjuru dunia.. 

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 17 May 2018 at 09:48

Saya mencintai aktivitasku saat ini. Sebab, disini saya banyak berinteraksi dengan petani-petani di pelosok desa. Berdiskusi dan betukar pikiran dengan mereka, mengadopsi dan berinovasi dengan sesuatu yang baru adalah cara menyemai dan memupuk kembali gagasan kita tentang keseimbangan alam dan mempertahankan hidup.

AgriProFocus Indonesia Selamat datang di online platform AgriProFocus! Senang sekali mengetahui semangat Mas Rahmat beraktivitas bersama para petani di desa. Untuk membagikan cerita dan pengalaman terkait inovasi yang sedang atau akan dilakukan serta gagasan keseimbangan alam yang pernah didiskusikan, Mas Rahmat bisa langsung menulis di kolom 'Write a Post'. Kami tunggu, ya! 

7 months 4 days ago

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 17 May 2018 at 04:26

Terimakasih telah mengizinkan saya bergabung di grup ini.

Saya putri lestari dari Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Saya menguasai bidang pertanian sayur mayur dan perternakan itik dan unggas. 

Salam kenal.

AgriProFocus Indonesia Halo, salam kenal juga dan selamat datang di online platform AgriProFocus! Di sini Anda bisa berbagi cerita, pengalaman, maupun informasi terkini terkait dunia agribisnis di Indonesia (Write a Post), mempromosikan acara atau lowongan pekerjaan (Add an Event), dan juga menginformasikan produk pertanian, perikanan, hortikultura yang Anda jual (Add Product/Service.) Jika ada pertanyaan terkait online platform ini maupun hal-hal lain yang sesuai dengan minat Anda, bisa Anda langsung tanyakan ke sini. Selamat mencoba, ya! 

7 months 5 days ago

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 16 May 2018 at 02:46

Trimakasih sudah mengijinkan saya untuk bergabung dalam kelompok ini, saya Yoyarib Mau asal NTT, saya mengusahakan pertanian dan peternakan dalam satu lokasi dengan harapan ada rantai suplai antara pertanian dan peternakan, semisal pupuk kandang dari ternak sapi dapat dimanfaatlan untuk memupuk tanaman pertanian lainnya seperti sayur dan tanaman umur panjang lainnya 

AgriProFocus Indonesia  Selamat bergabung di online platform AgriProFocus, Yoyarib! Di platform ini Anda bisa berbagi cerita, pengalaman, maupun informasi terkini terkait dunia agribisnis di Indonesia (Write a Post), mempromosikan acara atau lowongan pekerjaan (Add an Event), dan juga menginformasikan produk dan juga layanan pertanian, perikanan, hortikultura yang Anda jual (Add Product/Service.) Jika ada pertanyaan terkait online platform ini atau hal-hal lain yang sesuai dengan minat Anda, bisa Anda langsung tanyakan ke sini. Selamat mencoba! 

7 months 5 days ago

Posted By in AgriProFocus Indonesia
Posted 20 April 2018 at 11:26

Agrowisata Rumah Koran, Pengunjung Bisa Petik Sendiri,  Serasa Jadi Petani. Penduduk Kota bisa berlibur ke Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan dan merasakan layaknya jadi Petani



feb
24

Festival Pangan: Makan, Musik dan Mangarti

Event posted by in AgriProFocus Indonesia
  24 February 2018, All Day Event
  OCD Beach Cafe - Kupang NTT

Perkumpulan Pikul dan Oxfam di Indonesia mempersembahkan Festival Pangan: Makan, Musik dan Mangarti hari Sabtu, 24 Februari 2018 pukul 11.00 - 21.00 WITA.

Kamu bisa belajar bertani di musim hujan oleh Kakak Lenny Mooy, penerima Academy NTT Award, mendengar langsung pengalaman para wirausaha sosial muda di pertanian oleh Dicky Senda (pemilik Lakoat.Kujawas) dan Maya Stolastika (finalis Duta Petani Muda 2016 dan Presiden Aliansi Organik Indonesia), serta yang paling istimewa kehadiran Raim LaOde yang membuat perut kita sakit karena tertawa!

Musik, demo pangan lokal, kuis, pameran foto, dan banyak acara lainnya menjadi rangkaian the coolest event of the year ini! Yuk datang, rasakan, dan pahami langsung di OCD Beach Cafe - Kupang NTT!



Posted By in Youth in Farming Indonesia
Posted 21 February 2018 at 09:16

GERAKAN PENYEHATAN TANAH

Permasalahan di tingkat petani dalam budidaya pertanian adalah penurunan produktivitas lahan akibat penggunaan pestisida dan pupuk kimia berlebihan selama bertahun tahun yang mengakibatkan tanah menjadi tidak subur, pejal dan keras. Bahkan penggunaan pestisida di Brebes merupakan yang tertinggi se-Asia Tenggara, terutama pada tanaman bawang merah. Hal ini terjadi karena kesadaran petani yang masih rendah tentang penggunaaan pupuk organik dan pestisida nabati serta inovasi teknologi/terapan belum banyak diperhatikan.

Untuk menjawab isu degradasi kesuburan lahan pertanian, dilakukan upaya (menginisiasi) pembuatan demplot penyehatan tanah yang dalam pelaksanaannya menggunakan kaidah-kaidah pertanian organik/ramah lingkungan.

Gerakan pertanian sehat ini perlu dilakukan untuk menjawab isue pemakaian pestisida secara berlebihan dalam budidaya bawang merah yang berdampak terhadap kesehatan masyarakat, yakni pencemaran lingkungan (tanah menjadi kurus/tidak subur akibat pemakaian p

... Read more

Maula Paramitha Wulandaru Hi Pak Heru, terima kasih sudah berbagi. Betul sekali, penggunaan pupuk kimia dan pestisida terutama di komoditas hortikultura sangat masif saat ini. Ini tentu jadi salah satu tantangan anak muda di sektor pertanian, untuk menjalankan agribisnis yang tidak seperti biasa tetapi mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan. Kami tunggu sharing selanjutnya, salam.

9 months 4 weeks ago